LazadaID


STADION PILA DUNIA AFRIKA 2010




KOTA
Rustenburg
KAPASITAS
42000 orang
ALAMAT
Rustenburg, South Africa

Stadion Royal Bafokeng: "Wajah Baru" Sambut Piala Dunia

Royal Bafokeng Sports Palace merupakan satu dari 10 stadion yang akan dipakai untuk mementaskan pertandingan Piala Dunia 2010. Nama Bafokeng diberikan setelah orang-orang dari daerah ini (Bafokeng) hidup di sekitar stadion yang dibangun pada tahun 1999 tersebut.

Awalnya, bangunan ini memiliki kapasitas 38.000 tempat duduk. Tetapi setelah Afrika Selatan ditunjuk menjadi tuan rumah pesta sepak bola terbesar di dunia ini, maka Afsel mulai berbenah, dan Royal Bafokeng yang terletak di kota Rustenburg ini termasuk bagian dari "perubahan wajah" kota tersebut.


KOTA
Polokwane
KAPASITAS
46000 orang
ALAMAT
-

Tentang Stadion
PEMERINTAH Afrika Selatan tahu betul bagaimana cara mempromosikan wilayahnya di dunia wisata. Di Piala Dunia 2010, promosi gencar itu mencapai puncaknya, termasuk di Kota Polokwane. Di sinilah tempat Stadion Peter Mokaba berdiri.
Yang paling diingat dari kota yang dulu bernama Pietersburg ini adalah nama eks anggota Kongres Nasional Afrika (ANC), Peter Mokaba. Mokaba merupakan salah satu tokoh politik antiaparthied yang disegani, lahir pada 1959 di dekat Pietersburg. Nama ini kemudian diabadikan sebagai nama stadion ini.


KOTA
Nelspruit
KAPASITAS
46000 orang
ALAMAT
Nelspruit, South Africa

Tentang Stadion
PEMBANGUNAN Stadion Mbombela, salah satu stadion Piala Dunia 2010 di dekat Kota Nelspruit, awalnya memberikan banyak harapan bagi penduduk di sekitarnya. Sayang, berdirinya stadion berkapasitas 44.000 tempat duduk itu justru mengorbankan kepentingan lebih dari 734.000 jiwa penduduk Mbombela dan sekitarnya.
Mbombela merupakan salah satu wilayah administratif di Provinsi Mpumalanga, sekitar 6 km dari Kota Nelspruit. Nama Mbombela diambil dari bahasa lokal Swasti yang berarti banyak orang berkumpul ditempat kecil. Letaknya di antara bukit-bukit yang indah di bagian timur laut Afrika Selatan, kaya akan buah-buahan seperti jeruk dan avokad, dialiri sejumlah air terjun, sehingga mendapat julukan "Taman Surga".


KOTA
Loftus Versfeld
KAPASITAS
50000 orang
ALAMAT
Tshwane/Pretoria, South Africa

Stadion Loftus Versfeld: Saksi Sejarah Kebangkitan Bafana Bafana

Stadion Loftus Versfeld, yang terletak di Tshwane/Pretoria, merupakan salah satu stadion tertua di Afrika Selatan. Dan, sejak tahun 1903 stadion ini sudah digunakan untuk menyelenggarakan berbagai event akbar olahraga.

Karena frekuensi penggunaannya sangat sering, maka pada tahun 1923 Pemerintah Kota Pretoria untuk pertama kalinya mewujudkan struktur stadion tersebut untuk bisa mengakomodasi penonton meskipun hanya berkapasitas 2.000. Kemudian, sejak 1948 stadion ini kembali diperbarui sehingga menjadi lebih besar dan digunakan untuk pertandingan sepak bola dan rugby. Stadion ini juga merupakan markas dari salah satu tim rugby yang top di Afrika Selatan, Blue Bulls.


KOTA
Johannesburg
KAPASITAS
94700 orang
ALAMAT
Soweto Highway, Johannesburg

AFRIKA Selatan merupakan negara Afrika paling modern saat ini, baik secara eknomi, politik, dan sosial. Tentu sebagai negara bekas jajahan Inggris yang baru merdeka tahun 1910 dan menjadi republik pada 1961 ini, masih banyak ketimpangan dan tambal-sulam di sana-sini. Modernisasi pun belum berhasil menjamah seluruh wilayah seluas 1.221.037 kilometer persegi ini.

Salah satu wilayah yang paling sarat dengan modernisasi adalah Johannesburg. Kota penghasil emas dan berlian, yang pada abad ke-19 menarik datangnya imigran penambang emas dari berbagai belahan dunia, kini menjelma menjadi kota terbesar di Afrika Selatan yang dihuni oleh masyarakat dari beragam latar belakang budaya.


KOTA
Johannesburg
KAPASITAS
61.000 orang
ALAMAT
Ellis Park

Johannesburg merupakan kota terbesar sekaligus jantung ekonomi Afrika Selatan, yang menyumbang 16 persen pendapatan kotor Afrika Selatan. Bahkan, Johannesburg masuk dalam daftar 50 kota ekonomi terbesar dunia. Kondisi perekonomian Johanneburg saat ini bukan dibangun dalam semalam, melainkan melalui perjalanan sejarah yang berat dan panjang.

Pada abad ke-19, penemuan kandungan emas dan mineral lain di Johannesburg, mengundang banyak pencari emas dari berbagai belahan dunia, terutama Australia, untuk mengadu nasib di sini. Johannesburg yang awalnya sepi, mendadak ramai dan padat. Pesatnya sektor pertambangan diikuti oleh tumbuhnya sektor pendukung lain, misalnya penyedia kebutuhan hidup sehari-hari, penginapan, dan perumahan.


KOTA
Durban
KAPASITAS
42500 orang
ALAMAT
Durban, South Africa

STADION Moses Mabhida merupakan stadion baru yang dibangun di Kota Durban, Provinsi KwaZulu-Natal. Stadion berkapasitas 70.000 tempat duduk penonton ini telah menghabiskan dana sekitar 450 juta dollar atau sekitar Rp 4,2 triliun.

Dana tersebut cukup pas karena stadion ini lebih mengedepankan arsitekturnya. Bentuknya dirancang dengan menggunakan bendera Afrika Selatan sebagai inspirasi desainnya. Konstruksinya mempunyai lengkungan besar yang merepresentasikan persatuan negara pencinta sepak bola. Dua kaki melengkung di sisi selatan stadion bertemu di sebuah pijakan bagian utara sebagai simbolisasi sebuah negara yang dahulu pernah terbagi-bagi dan kemudian bersatu.


KOTA
Bloemfontein/Mangaung
KAPASITAS
45000 orang
ALAMAT
-

Tentang Stadion
DIBANGUN pada 1952, Stadion Free State menjadi kandang berbagai cabang olahraga. Selain menjadi kandang klub sepak bola, juga klub rugby. Dua olahraga paling populer di daerah itu. Maka, wajar jika stadion ini menjadi semacam tempat "peribadatan" masyarakat Kota Bloemfontein atau Mangaung ini. Apalagi, ada dua klub rugby yang bermarkas di stadion ini, yakni Free State Cheetahs yang bermain di kompetisi domestik Currie Cup dan Central Cheetahs yang bermain di kompetisi Free State dan Northern Cape Provinces di Super 14.


KOTA
Port Elizabeth
KAPASITAS
42500 orang
ALAMAT
Lake View Road, Port Elizabeth, South Africa

HAMPIR semua tahu dari mana nama stadion ini. Tak lain mengambil nama tokoh antiapartheid, Nelson Mandela. Bapak dan pahlawan besar Afrika Selatan yang rela dipenjara 25 tahun demi memperjuangkan perbedaan ras di negerinya (apartheid).

Ada nama tambahan "bay" atau teluk di belakangnya, karena stadion ini terletak di depan Teluk Nort End. Satu-satunya stadion berkelas dunia di Provinsi Cape Timur ini dibangun dengan biaya 150 juta dolar AS (sekitar Rp 1,4 triliun). Memiliki 150 ruang VIP, 60 ruang kelas bisnis, toko pakaian olahraga, tempat senam, 500 parkir di teluk, dan beberapa ruang serbaguna. Selain itu, stadion ini memiliki 74 blok toilet.


KOTA
Cape Town
KAPASITAS
70000 orang
ALAMAT
Beach Road, Cape Town

Stadion Green Point merupakan arena yang berlokasi di bagian paling utara di Afrika Selatan. Lokasinya berbatasan dengan Samudera Atlantik dan pemandangan hamparan air laut inilah yang menjadi nilai plus dari stadion ini.
Pada awalnya, stadion ini hanya memiliki kapasitas tempat duduk untuk 18.000 orang. Orang-orang keturunan Belanda yang berada di kawasan tersebut menyebutnya sebagai "de Waterplaats" atau "Wadah Air". Bentuk awalnya seperti piring lebar dan kebetulan dekat dengan air laut samudera.


Update Artikel Via Facebook dan Twitter, Silahkan di Like dan Follow untuk Mejeng dan Menambah Pertemanan






Bagikan Artikel ini ke teman anda melalui :



Judul: STADION PILA DUNIA AFRIKA 2010
Rating: 100% out of 100% based on 081222222222 ratings. 081222222222 user reviews.
Ditulis Oleh TERUNIK
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...


BACA JUGA BERITA SUPER HOT DI BAWAH INI


.::Artikel Menarik Lainnya::.