LazadaID


NADRAN CIREBON 2010



Nelayan merapikan jaring mereka sebelum berangkat mencari ikan di Pelabuhan Tempat Pelelangan Ikan Muara Angke, Jakarta Utara. Hari Nelayan Indonesia yang diperingati tanggal 6 April seperti menguak riwayat "urat nadi" negeri bahari ini. Belenggu kemiskinan dan keterbelakangan masih sulit beranjak dari kehidupan nelayan. 
 
 
Ribuan nelayan Cirebon, Jawa Barat, khususnya di daerah Bondet, Kecamatan Gunung Jati, merayakan pesta laut atau yang disebut dengan nadran. Mereka berharap nadran akan memberi berkah yang melimpah bagi kehidupan nelayan selama setahun ke depan.

Nadran Cirebon 2010 sudah ramai Sejak Minggu (11/4/2010) pagi, nelayan telah bersiap menggelar pesta laut. Ada yang datang subuh meski acara baru digelar pukul 09.00. "Saya sengaja datang karena kata adik saya ada pesta laut di Bondet," ujar Herman, warga Gebang, Cirebon, yang datang sehari sebelumnya dengan memakai perahu.

Ratusan perahu yang telah mereka hias dengan makanan, hasil bumi, kertas hias, serta pakaian dan kain batik nan meriah bersandar di sepanjang Sungai Bondet. Perahu-perahu itu mereka dandani sejak hari Sabtu (10/4/2010). Tak ketinggalan, atribut partai, produk obat, produk rokok, sampai otomotif juga menjadi umbul-umbul yang mereka kibarkan di atas perahu.

Bagi nelayan, nadran adalah bentuk ekspresi ungkapan sujud syukur atas rezeki yang diterima, serta doa harapan agar nelayan tetap dilindungi selama mencari ikan di laut.

Nadran sendiri berasal dari kata nazar yang berarti doa. Puncak ritual dilakukan dengan melarung sesajen (lereng sajen) yang berisi kepala kerbau (mahesa). Kepala mahesa diletakkan di atas replika perahu kemudian dibuang ke laut. Saat dibuang, sejumlah nelayan berlomba mengambil kain atau sesajen yang ikut dilarung. Mereka percaya, kain pembungkus yang dibuang adalah benda suci sehingga akan memberi berkah jika kain itu disematkan pada perahunya.

Diperkirakan, ada 2.000 perahu dan 4.000 nelayan yang ikut pesta laut ini. Bupati Cirebon Dedi Supardi mengatakan, nadran diharapkan memberikan berkah kepada nelayan dan bentuk ucapan terima kasih. Nadran adalah tradisi nelayan yang juga perlu dilestarikan.

Sumber Kompas.com


Update Artikel Via Facebook dan Twitter, Silahkan di Like dan Follow untuk Mejeng dan Menambah Pertemanan






Bagikan Artikel ini ke teman anda melalui :



Judul: NADRAN CIREBON 2010
Rating: 100% out of 100% based on 081222222222 ratings. 081222222222 user reviews.
Ditulis Oleh TERUNIK
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...


BACA JUGA BERITA SUPER HOT DI BAWAH INI


.::Artikel Menarik Lainnya::.