LazadaID


PEMBUATAN SODETAN SUNGAI CILIWUNG KE KANAL BANJIR TIMUR ADALAHKEPUTUSAN PRESIDEN SBY SOAL BANJIR JAKARTA 2013


PEMBUATAN SODETAN SUNGAI CILIWUNG KE KANAL BANJIR TIMUR ADALAHKEPUTUSAN PRESIDEN SBY SOAL BANJIR JAKARTA 2013 pada kesempatan kali ini terunik akan mencoba membahas tentang PEMBUATAN SODETAN SUNGAI CILIWUNG KE KANAL BANJIR TIMUR ADALAHKEPUTUSAN PRESIDEN SBY SOAL BANJIR JAKARTA 2013 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memutuskan rencana jangka menengah terkait pencegahan dan penanggulangan banjir di Jakarta. Berdasarkan hasil rapat yang digelar bersama pejabat terkait di pos pengungsian GOR Otista, Jakarta Timur, Minggu (20/1/2013) siang, Presiden memutuskan pembuatan sodetan Sungai Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT) dan normalisasi sungai sebagai program jangka menengah yang akan ditempuh oleh pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Presiden menyampaikan, semua telah diperhitungkan sesuai anggaran yang tersedia. Pemerintah pusat akan memulai pembuatan sodetan dan normalisasi sungai pada tahun ini. Presiden beranggapan, sodetan dari Sungai Ciliwung ke KBT akan mengurangi risiko banjir secara signifikan. Ia juga memastikan bahwa keputusan ini telah didahului dengan studi kelayakan dan studi anggaran. Rencana ini diperkirakan selesai di medio 2014 dengan kucuran dana seluruhnya dari pemerintah pusat sebesar Rp 500 miliar.

"Diperlukan sodetan dari Ciliwung yang setiap tahun meluapkan airnya. Mengapa? Ketika Jakarta banjir kali ini, Kanal Banjir Barat (KBB) menampung air, sementara KBT relatif tak terisi. Ini tentu tak menguntungkan. Dengan sodetan, maka akan dibagi dua dan dampaknya tak seperti ini," kata Presiden saat memberikan keterangan pers di pinggir Sungai Ciliwung, Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu siang.

Presiden juga akan membantu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam melakukan normalisasi sungai. Jika pembuatan sodetan dilakukan sepenuhnya dari anggaran pemerintah pusat, sumber dana normalisasi sungai sekitar Rp 1,2 triliun dan menjadi tanggung jawab bersama antara pusat dan Pemprov DKI. Pemprov DKI bertanggung jawab melakukan pendekatan untuk pembebasan lahannya. Presiden berpesan agar Pemprov DKI Jakarta menjamin tak ada masyarakat yang dirugikan dan diharap mendapatkan tempat tinggal yang lebih baik.

"Kami sudah meninjau lapangan, maka pemerintah memandang penting untuk mencari solusi yang lebih strategis, bukan solusi tahunan. Tapi harapan kita, solusi ini dapat mengurangi secara signifikan dampak banjir di Jakarta yang menelan korban jiwa sebanyak 20 orang," ujar Presiden.

Demikianlah informasi berita unik kali ini yang mengupas tentang PEMBUATAN SODETAN SUNGAI CILIWUNG KE KANAL BANJIR TIMUR ADALAHKEPUTUSAN PRESIDEN SBY SOAL BANJIR JAKARTA 2013


Update Artikel Via Facebook dan Twitter, Silahkan di Like dan Follow untuk Mejeng dan Menambah Pertemanan






Bagikan Artikel ini ke teman anda melalui :



Judul: PEMBUATAN SODETAN SUNGAI CILIWUNG KE KANAL BANJIR TIMUR ADALAHKEPUTUSAN PRESIDEN SBY SOAL BANJIR JAKARTA 2013
Rating: 100% out of 100% based on 081222222222 ratings. 081222222222 user reviews.
Ditulis Oleh TERUNIK
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...


BACA JUGA BERITA SUPER HOT DI BAWAH INI


.::Artikel Menarik Lainnya::.